159.571 Perempuan di Jember Berstatus Janda, Inilah Penyebabnya

- 27 Desember 2021, 21:43 WIB
Ilustrasi Janda
Ilustrasi Janda /Tangkapan Layar Instagram

BERITA MATARAMAN - Jumlah janda di Jember Jawa Timur sebanyak 159.571 orang. Data tersebut diambil dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember.

Banyak sekali alasan mengapa seseorang bisa menjadi janda, bisa jadi karena terpaksa atau memang karena pilihan.

Terpaksa contohnya suaminya meninggl, sementara pilihan karena tidak sejalan atau karena KDRT.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber : Amalkan Ini Sebelum Tidur, Insya Allah Jodoh, Rumah Tangga dan Rezeki Lancar Utang Kelar

Kepala DP3AKB Suprihandoko menyampaikan sampai bulan Juni 2021 sudah tercatat ada sebanyak 159.571 perempuan yang terpaksa menjadi kepala keluarga.

"Orang yang menjadi kepala keluarga ini semua memiliki banyak alasan dan bukan keinginan dari mereka sendiri," ujarnya sebagaimana dikutip dari artikel di Portal Jember sebelumnya dengan judul "DP3AKB Jember Catat Sebanyak 159 Ribu Lebih Janda di Jember" pada 27 Desember 2021.

Alasan yang terjadi di Jember yakni beragam diantaranya diterlantarkan oleh suaminya, perceraian, meninggal dunia, suami sakit, sudah tua atau tidak bisa mencari nafkah.

Dengan kondisi ini pihaknya menjelaskan, jika hal ini diteruskan maka rawan terjadi kemiskinan dan dampak seriusnya terjadi pada anak-anak.

"Anak-anak akan terdampak serius karena tidak bisa mendapat hak-haknya seperti pendidikan dan hak asuh serta pernikahan dini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Taufiqurrohman

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini